Pemprov Kalteng Gelar Rakor Terbatas SPBE

Palangka Raya – Kadis Kominfosantik Agus Siswadi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Rabu (10/7/2024).

“Peluang SPBE berpotensi besar untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan. Melalui platform digital, layanan publik dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat, mengurangi birokrasi, dan menghemat waktu serta biaya bagi masyarakat,” ujarnya.

Meskipun begitu, sambungnya, implementasi SPBE juga dihadapkan pada berbagai tantangan. Salah satunya adalah kesenjangan digital yang masih terjadi di berbagai wilayah, sehingga akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi tidak merata.

“Hal ini dapat memperlebar kesenjangan sosial dan ekonomi, serta menghambat partisipasi masyarakat dalam SPBE,” imbuhnya.

SPBE memerlukan sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data pribadi dan informasi sensitif dari ancaman siber. Selain itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mengoperasikan dan memanfaatkan teknologi informasi.

“Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan diperlukan untuk mendukung implementasi SPBE yang efektif dan berkelanjutan,” pungkasnya. (ran)

===

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *