PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung Gelar Wisuda Perdana SMK Maharati

PALANGKA RAYA – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) dan PT Tuah Turangga Agung (TTA) menggelar wisuda perdana SMK Maharati pada Jumat (14/6/2024).

SMK Maharati terletak di ring satu area operasional PAMA MCIP didirikan pada Tahun 2021. Hadirnya SMK ini menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut turut membangun generasi bangsa.

Wisuda diikuti oleh 54 siswa-siswi angkatan pertama yang telah mengikuti kegiatan belajar mengajar sejak 2021. Ke-54 peserta didik itu terbagi dalam dua jurusan, 25 dari jurusan Teknik Alat Berat dan 29 siswa dari Jurusan Multimedia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ari Sutrisno selaku Direktur PAMA, Mises selaku Camat Kapuas Tengah, Herman selaku Kepala Desa Buhut Jaya, Apau selaku Ketua Komite SMK Maharati, Yusuf Tozirie Hidayat selaku Perwakilan Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPAMDR), Direktur ABB, Perwakilan KPP, Perwakilan EPN, Perwakilan UT serta Pimpinan Entitas PAMA Group di area operasional MCIP.

Pada kesempatan itu, SMK Maharati juga memberikan apresiasi kepada siswa dengan kategori Best Academic bagi siswa yang berprestasi di akademik dan Best Non Academic bagi yang paling berprestasi di luar bidang akademik. Siswa paling berprestasi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang perjalannya selama menempuh pendidikan di SMK Maharati.

Sebelum acara wisuda, SMK Maharati telah melakukan Pre-Graduation Program untuk menyiapkan lulusan yang kompeten melalui 4 tahapan yaitu, pemetaan dan profiling siswa, pembekalan akademis, karakter dan lifeskill, kemudian 100% terserap “BMW” (Bekerja, Melanjutkan, Wirausaha) dan Graduation (acara wisuda pelepasan siswa).

Presiden Direktur PAMA dan TTA, Hendra Hutahean yang turut hadir dalam kegiatan wisuda menyampaikan harapannya bagi seluruh wisudawan agar dapat melanjutkan masa depan sesuai dengan minatnya dan dapat menjadi calon tenaga kerja berkualitas, mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kolaborasi antara orang tua, siswa, tim SMK, perusahaan dan pemerintah perlu selalu dijalin untuk terus mendukung SMK Maharati kedepannya” ujarnya dalam siaran pers yang diterima pada Senin (24/6/2024).

Ia melanjutkan, SMK Maharati merupakan sekolah yang didirikan oleh PT Pamapersada Nusantara dan PT Tuah Turangga Agung Group melalui Yayasan Bina Harati PAMA. Proses mendirikan SMK Maharati didukung oleh PT United Tractors, PT TOP, PT SMM, PT ABB, PT KPP, dan PT EPN di Desa Buhut Jaya Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pendirian SMK Maharati merupakan salah satu bagian dalam Program Akselerasi Peningkatan Kualitas Pendidikan di area MCIP Kalimantan Tengah.

Program berfokus pada tiga keunggulan yaitu aspek karakter (kemampuan siswa dalam memiliki karakter/akhlak yang berbudi pekerti luhur), aspek literasi (kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan menginterpretasikan pengetahuan), dan aspek numerik (kemampuan siswa dalam memahami dan melakukan perhitungan matematis). “Konkretnya ini luar biasa dan tidak akan berhenti,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan orang tua murid, Apau U. Nanjan menekankan, sebelum adanya Maharati, ara orang tua tak berani bermimpi untuk anak-anak kami. “Harapan untuk memiliki masa depan yang lebih baik baru kami bisa miliki setelah adanya SMK Maharati,” ujarnya.

Dia menambahkan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Aswan menyampaikan apresiasinya kepada PAMA Group dan TTA Group beserta Tim SMK Maharati atas wisuda perdana yang digelar untuk 54 siswa.

“Terima kasih saya sampaikan sebesar-besarnya bagi PAMA Group, TTA Group, Tim SMK Maharati dan seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mendidik anak-anak hingga dapat lulus hari ini,” tuturnya. ((*/Dodi)

===

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *